Rp165,000.00

KALENDER ISLAM GLOBAL | Takwim Awal Bulan Kamariah 350 Tahun

Rp165,000.00

Category

Rp165,000.00

JudulKalender Islam Global | Takwim Awal Bulan Kamariah 350 Tahun
PenulisDr. Drs. H. Sriyatin Shodiq, S.H., M.Ag., M.H.
H. Ainul Yaqin Al-Falaky, S.Ag.
EditorMuhammad Nashiruddin Darajat, S.Kom., M.Kom.
Muhammad Syamsu Alam Darajat, S.HI., S.H., M.A.
ISBN978-623-09-6029-1
KategoriBuku Ilmu Falak
Tanggal TerbitJuli 2023
PenerbitCV. Falakiyah Madani Surabaya
Ukuran21×29,7 cm
Halaman172 Hlm

Kalender Islam Global merupakan spirit dari Al-Quran surat Yunus ayat 5 bahwa “Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan kebenaran. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui”.

Kalender Islam Global adalah Kalender Islam yang diciptakan untuk mewujudkan kesatuaan pemersatu waktu satu hari satu tanggal di seluruh penjuru dunia yang dapat menyatukan kawasan belahan barat dan timur sebagai  standarisasi dan pengorganisasian manajemen waktu,  kepentingan agama penentuan waktu-waktu ibadah dan muamalah kepentingan sipil, seperti pencatatan kelahiran, pernikahan, transaksi perdagangan, pendidikan, dan lainnya.

Syarat dan ketentuan Kalender Islam Global antara lain: prinsip waktu satu hari satu tanggal di seluruh dunia, umur hari dalam satu bulan kamariah tidak boleh kurang dari 29 dan tidak boleh lebih dari 30 hari,  sudah terjadi ijtimak satu bulan peredaran sinodis, ada transfer imkan rukyat,  tidak boleh menunda masuk bulan baru ketika hilal telah terlihat, berlaku seluruh dunia tanpa dibagi-bagi zona, dan globalitas