Rp100,000.00

Stok 500

Mengenal Ilmu Falak Metode Pembelajaran Andragogi

Rp100,000.00

Stok 500

Category

Rp100,000.00

JudulMengenal Ilmu Falak Metode Pembelajaran Andragogi
PenulisDr. Drs. H. Sriyatin Shodiq, S.H., M.Ag., M.H.
EditorMuhammad Nashiruddin Darajat, S.Kom., M.Kom.
Muhammad Syamsu Alam Darajat, S.HI., S.H., M.A.
ISBN978-623-09-4985-2
KategoriBuku Ilmu Falak
Tanggal TerbitMei 2022
PenerbitCV. Falakiyah Madani Surabaya
Ukuran25×17,6 cm
Halaman205 Hlm

Stok 500

Allah berfirman: Katakanlah: “Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?” Sebenarnya hanya orang yang berakal sehat dapat menerima pelajaran”. (QS. Az-Zumar [39] : 9)

Imam Syafii berkata: “Belajarlah kerena tidak ada seorangpun yang dilahirkan dalam keadaan berilmu dan tidaklah orang yang berilmu seperti orang yang bodoh. Sesungguhnya suatu kaum yang besar tetapi tidak memiliki ilmu, maka sebenarnya kaum itu adalah kecil apabila terluput dari keagungan (ilmu). Dan sesungguhnya kaum yang kecil, jika memiliki ilmu, maka pada hakikatnya mereka adalah kaum yang besar apabila perkumpulan mereka selalu dengan ilmu”.

Ilmu Falak dengan metode pembelajaran Andragogi dan Heutagagi adalah pembelajaran peserta didik setingkat Sekolah Menangah Atas (SLTA), mahasiswa atau pembelajaran orang dewasa secara mandiri dengan memadukan antara teori, praktik dan entrepreneur, sehingga membawa dalam lingkungan pembelajaran yang aktif, kreatif, adaptif dan inovatif, serta berkembang berwawasan luas ilmu pengetahuan sainsnya ke arah tujuan dan maksud pembelajaran mempunyai karakter, altitude, skill, profesional dan berakhlak mulia.

Buku ini meliputi, antara lain membahas mengenal tugas dan fungsi Kementerian Agama di bidang Hisab Rukyat, kriteria awal bulan baru MABIMS, Rubuk Mujayyab, dasar Segitiga Bola, dasar Algoritma metode perhitungan ilmu falak berbasis MS.Excel, perhitungan arah Kiblat dan waktu Salat berbasis MS.Excel, hisab awal Bulan dan Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan tanpa alat hitung kalkulator, penggunaan Teleskop dan dilengkapi jadwal waktu Salat dan arah Kiblat.